Selasa, 16 Maret 2010

Studi: Minum Kopi Usai Makan Siang, Tekan Risiko Diabetes

JIKA Anda termasuk salah seorang pencinta kopi, sebuah penelitian terbaru terkait dengan konsumsi kopi membawa kabar menggembirakan. Hasil studi menyimpulkan, minum kopi usai makan siang dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 terutama bagi orang-orang yang mengalami obesitas.

Namun, keterkaitan itu belum bisa dikonfirmasi lebih lanjut dan belum ada studi lebih lanjut yang mengungkap, apakah manfaat itu diperoleh dari waktu meminum kopi.

Studi itu merupakan penelitian nutrisi warga Eropa skala besar yang melibatkan 69.532 partisipan wanita dari Prancis. Para wanita yang berpartisipasi berusia antara 41-72 tahun ketika mereka memulai studi hingga 11 tahun.

Selama periode observasi, 1.415 partisipan menderita diabeter tipe 2. Secara umum, partisipan yang minum minimal tiga gelas kopi per hari, memiliki risiko 27 persen lebih rendah untuk menderita diabetes.

Yang menarik, penelitian itu menemukan bahwa para partisipan yang risiko diabetesnya menurun, meminum kopi pada waktu makan siang. Wanita yang meminum lebih dari satu cangkir kopi setelah makan siang setiap hari, berhasil menurunkan risiko terkena diabetes hingga 33 persen.

Para peneliti mengatakan, kopi yang diminum usai makan siang mungkin memiliki manfaat karena waktunya atau mungkin juga berkaitian dengan makanan yang biasa dimakan para pencinta kopi tersebut.

Sumber : republika.co.id

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang Pelangi ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...