Rabu, 04 November 2009

Perawatan 5 Jenis Kulit Wajah

PERAWATAN kulit merupakan salah satu bagian terpenting dalam rutinitas kecantikan. Perawatan ini tentu selalu dimulai dari dalam tubuh, karena itu pastikan Anda meminum setidaknya 6-8 gelas air setiap harinya, melakukan pola diet seimbang dengan mengkonsumsi buah dan sayur-sayuran serta tidur yang cukup.

Namun perawatan kecantikan dari luar juga tidak boleh Anda sepelekan. Berikut perawatan wajah yang bisa Anda lakukan berdasarkan jenis kulit yang berbeda :

1. Kulit berminyak / mudah berjerawat
Jenis kulit ini mudah sekali berjerawat dan terlihat kusam. Untuk perawatannya, pastikan Anda menggunakan pembersih ringan yang mengandung oil-free dan water-based moisturizer. Toner merupakan bagian terpenting dari rutinitas membersihkan wajah. Karena itu pastikan Anda mengaplikasikannya terutama pada area T zone.

2. Kulit kering
Kulit kering dipengaruhi oleh iklim, sehingga pastikan kulit Anda selalu dalam keadaan lembab. Mulailah dengan mencuci wajah Anda dengan menggunakan sabun pembersih yang mengandung free emollient. Aplikasikan pula krim pelembab sepanjang hari dan juga pada malam hari. Hindari menggosok bagian wajah terlalu keras, cukup dengan gerakan lembut agar kulit tidak mengalami iritasi.

3. Kulit sensitif
Tipe kulit ini biasanya sangat peka akan infeksi, redness dan inflamasi. Karena itu, pemilik jenis kulit sensitif sebaiknya menggunakan produk-produk hypoallergenic yang tidak memiliki aroma wangi. Hati-hati dengan perubahan cuaca yang ekstrim. Sebaiknya kurangi mengkonsumsi banyak makanan pedas. Hindari pula menggunakan air panas saat membersihkan wajah. Aplikasikanlah krim tabir surya dengan kandungan SPF 30 pada bagian wajah dan tubuh.

4. Kulit kombinasi
Kulit kombinasi merupakan gabungan dari dua jenis kulit berbeda yaitu kulit kering dan berminyak. Bagian kulit wajah yang berminyak biasanya muncul disekitar area T- zone. Pastikan Anda menggunakan toner yang tepat di sekitar area tersebut, dan krim yang mengandung pelembab tinggi pada bagian wajah yang tersisa lainnya.

5. Kulit dewasa
Kulit dewasa sangat sensitif, karena itu cuci wajah dengan krim pembersih sebagai pengganti air. Cobalah produk yang mengandung ramuan aktif seperti vitamin dan mineral. Jika diperlukan, Anda juga dapat menggunakan produk kecantikan yang mengandung pemutih untuk menyamakan warna tone kulit. (connectique/pit/ft:ilustrasi)

Sumber : rileks.com

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang Pelangi ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...