Senin, 12 Oktober 2009

Punya Istri Pintar Suami Panjang Umur

TERNYATA pilihan pasangan hidup turut mempengaruhi kualitas hidup dan usia seseorang. Menurut penelitian di Swedia, kaum lelaki yang memilih istri dengan tingkat pendidikan tinggi diyakini memiliki kualitas hidup lebih baik dan berumur panjang. Semakin tinggi pendidikan perempuan, maka akan membuat pasangannya semakin panjang umur.

Drs. Robert Erikson dan Jenny Torssander dari Stockholm University adalah dua ilmuwan yang melakukan penelitian tersebut. Mereka memperhatikan data sensus di Swedia sejak tahun 1990 terhadap 1.5 juta pekerja perempuan dan laki-laki, berusia 30 – 59 tahun. Masing-masing responden kemudian diberi pertanyaan seputar gaya hidup yang mempengaruhi kualitas hidup mereka.

Dari hasil penelitian dibuktikan bahwa perempuan yang memiliki pendidikan tinggi akan lebih sadar dengan kesehatan tubuhnya dan pola hidup yang dijalaninya. Mereka cenderung mengatur hidupnya lebih baik, dan secara otomatis akan mempengaruhi kehidupan pasangannya. Sang suami tentunya akan menjadi lebih sehat dan panjang umur.

Dengan kata lain dapat dikatakan, pendidikan pada perempuan memiliki pengaruh yang sangat subtansial bagi kesehatan dan angka kematian pasangannya.

''Secara tradisonal perempuan mengambil tanggung jawab lebih untuk urusan rumah tangga dibandingkan laki-laki, dan sebagai konsekwensinya, pendidikan perempuan mungkin menjadi lebih penting dibanding laki-laki untuk mengatur pola hidup keluarga. Sebagai contoh, dalam kaitannya dengan pola makanan,” ungkap sang peneliti yang telah mempublikasikan penelitiannya dalam Journal of Epidemiology and Community Health.[cntq/ais]

Sumber : rileks.com

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang Pelangi ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...