Senin, 04 April 2011

Rasa Hormat, Tanamkan Sejak Dini pada Anak


RASA hormat harus selalu dilakukan oleh orang-orang yang usianya lebih muda terutama pada orang-orang yang usianya lebih tua. Sebagai orangtua, Anda pasti menginginkan memiliki seorang anak yang berbakti, santun serta menghormati orang yang lebih tua. Anda tentu sedih dan merasa malu apabila anak Anda tidak memiliki sikap-sikap di atas. Selain akan dicap gagal mendidik anak, Anda pun tidak akan mendapatkan rasa hormat dari anak yang Anda besarkan. Selain itu, anak Anda pun akan sulit diterima oleh lingkungan di luar keluarganya. Untuk menghindari hal-hal negatif tersebut, ada baiknya Anda mencoba tips-tips berikut sebelum terlambat.


Bersikap tegas dan konsisten
Sebagai orangtua, Anda harus dapat bersikap tegas kepada anak Anda. Bila Anda melarang sesuatu kepada anak, berikan alasan yang tepat dan dapat dipercaya. Selain itu, jangan lakukan apa yang Anda larang kepada sang anak agar ia mencontoh konsistensi yang Anda praktekkan.

Jangan membohongi
Meskipun anak Anda masih kecil, janganlah suka membohongi atau memperdayainya walaupun hanya untuk berkelakar, terutama bila anak Anda masih belum bisa membedakan mana yang serius dan mana yang hanya bercanda. Bila salah menerima, nantinya anak Anda bisa-bisa tidak menghargai Anda serta aturan-aturan yang Anda terapkan.

Bersikap terus terang
Beri anak Anda informasi yang perlu mereka ketahui dan jelaskan tentang segala sesuatu yang ingin ia ketahui sesuai dengan umur dan usianya. Bila ternyata anak Anda menanyakan sesuatu yang tidak bisa Anda jawab, lebih baik berterus teranglah dan sama-sama mencari tahu jawabannya. Tidak perlu gengsi dan berpura-pura tahu pada anak, karena nantinya dapat menjerumuskan anak Anda sendiri.

Ungkapkan rasa sayang Anda
Jangan ragu-ragu atau gengsi untuk menyayangi anak Anda, karena nantinya anak yang tumbuh dengan kasih sayang dari orangtuanya akan memiliki sikap yang ekspresif dalam mengungkapkan apa yang ada dalam pikiran mereka. Selain itu, anak Anda pun cenderung akan menjadi anak yang aktif dan tidak merasa rendah diri dalam pergaulannya.

Berikan hak anak
Setiap anak memiliki hak dan kebebasan untuk berbicara, berekspresi, juga mendapatkan uang jajan selama masih dalam masa tanggungan dan umur tertentu. Dengan diberikannya hak-hak anak, nantinya mereka pun akan terdidik untuk menghormati serta menghargai kebebasan orang lain disekitarnya.

Meminta maaf bila salah
Meskipun Anda adalah orangtuanya, namun Anda tidak perlu gengsi untuk meminta maaf kepada anak apabila melakukan kesalahan. Bila itu Anda lakukan, anak akan menghargai sikap Anda dan mencontoh perilaku tersebut saat dia melakukan kesalahan kepada siapapun.

Berikan contoh
Anak adalah peniru nomor 1 dan biasanya akan meniru kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan oleh orangtuanya. Maka bila Anda ingin sang anak menghormati Anda serta orang-orang disekitarnya, Anda juga harus tunjukkan rasa hormat kepadanya dan juga orang lain. Berikanlah contoh yang baik dan perlakukan anak Anda sebagaimana Anda ingin diperlakukan.

Sumber : melindahospital.com

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang Pelangi ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...