Jumat, 14 Mei 2010

Ayah Sehari Berduaan Bersama Anak

MENGISI satu hari istimewa berduaan dengan anak selayaknya ayah agendakan. Anda dan si kecil akan mengenangnya sebagai pengalaman indah tak terlupakan.

Hari ini si kecil berulang tahun? Berarti hari ini juga peringatan ulang tahun Anda sebagai seorang ayah! Jika tidak ada pesta, Anda bisa melakukan kegiatan istimewa berdua si kecil untuk merayakannya.

Satu lawan satu
Carilah waktu luang ketika Anda dapat 'menculik' si kecil dari ibunya untuk bepergian berdua saja. Tentu saja Anda harus yakin anak aman bersama Anda.
Bepergian berdua saja dengan anak di waktu-waktu khusus membuat si kecil merasa istimewa. Anda pun jadi punya waktu berharga untuk lebih mengenal buah hati Anda. Di luar itu semua, saat-saat santai berdua membuat Anda dan si kecil lebih mudah untuk saling membuka diri.

Siap berpergian
Sebelum pergi, buat persiapan matang, teutama jika si kecil masih berusia di bawah tiga tahun. Jika bingung, tanyakan pada istri, apa yang perlu dipersiapkan. Semakin muda usia anak, Anda perlu mempersiapkan kegiatan yang lebih sederhana dengan rentang waktu tidak terlalu panjang. Benda-benda yang Anda bawa pun akan lebih banyak dibanding ketika pergi bersama anak yang lebih besar.

Berikut ini beberapa kegiatan asyik yang dapat dicoba:
Berenang
Air selalu menarik bagi anak. Pilihlah tempat berenang yang menyediakan kolam khusus untuk anak balita, sehingga si kecil leluasa dan aman bermain di dalamnya. Kalau si kecil masih takut, jangan memaksanya. Perkenalkan dia secara bertahap dengan air. Awalnya, mungkin, ajak dia bermain di pinggir kolam sambil merendam kakinya.

Naik busway
Ajak si kecil naik busway dari satu titik awal keberangkatan sampai di terminal akhir dan lantas menjalani rute sebaliknya. Saat berbalik rute, Anda berdua bisa saja turun di halte tertentu menuju suatu mall untuk makan siang. Kegiatan ini sebaiknya dilakukan di akhir pekan ketika kendaraan umum ini tak terlalu sesak penumpang seperti hari biasanya.

Berolahraga
Anda bisa mengajak si kecil jalan santai di hari Minggu pagi atau sore hari mengeliling stadion olahraga atau taman. Di sana ia bisa bertemu banyak orang yang juga sedang berolahraga. Kesempatan ini bisa melatihnya bersosialisasi dengan banyak orang.

Tour de kampoeng
Bila perumahan tempat tinggal Anda berada di pinggiran kota , bisa jadi tak jauh dari rumah Anda ada kampung-kampung penduduk atau persawahan. Menelusuri lokasi itu dengan berjalan atau mengendarai sepeda tentu menyenangkan. Carilah jalur pendek yang aman dan rindang. Kegiatan ini dapat diakhiri dengan membuka keranjang piknik di tempat yang teduh dan nyaman. Bila sulit mendapatkan tempat yang nyaman, berpiknik saja di halaman rumah sendiri!.

Makan di restoran
Ajak anak bersantap di restoran yang sedikit mahal. Jika perlu, kenakan ia pakaian formal. Selama berpergian, perlakukan anak seperti lady atau gentleman cilik. Biarkan ia memilih menu, dan ajarkan pula anak sedikit sopan santun di meja makan.

Sumber : ayahbunda-online.com

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang Pelangi ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...