Rabu, 10 Juni 2009

Pentingnya Dana Taktis

BANYAK orang yang belum menyadari pentingnya dana taktis. Padahal dana ini seharusnya menjadi prioritas utama sebelum menabung atau berinvestasi. Kenapa? Karena setiap kehidupan sehari-hari tidak semuanya berjalan sesui rencana, jadi selalu perlu plan B kan?

Walau telah berusaha membuat program pemasukan dan pengeluaran dengan seksama, tapi masalah selalu ada. Kecelakaan kendaraan bermotor, kebakaran rumah, atau mendadak harus dirawat di rumah sakit.

Tak jarang, hal ini memaksa kita harus memangkas pemasukan dan meningkatkan dana yang dikeluarkan. Dalam situasi seperti itu, kita akan sedikit bernapas lega karena memiliki simpanan. Tapi, apa yang akan terjadi bila penyelesaian masalah itu ternyata sangat tergantung dari semua dana simpanan yang dimiliki?

“Disinilah perlunya Anda menyediakan dana taktis,” kata Mary Rowland, investor dan ahli personal finance, yang tinggal di Hudson Valley, AS. Dia adalah penulis dan kolumnis beberapa media massa dan situs berita ekonomi di AS. Salah satu bukunya The New Commonsense Guide to Mutual Funds, menjadi buku saku pengusaha disana.

Satu hal yang perlu diingat, kata Mary, masalah keuangan yang sangat fatal itu bukan datang dari orang yang tidak memiliki simpanan atau tidak memiliki investasi. Tetapi, imbuhnya, “pada orang yang tidak memiliki dana taktis.”
Dana taktis, jelasnya, merupakan sebuah proteksi bagi simpanan dan investasi yang Anda miliki. Oleh sebab itu, “sebaiknya Anda membuat proteksi yang kuat, sebelum memutuskan untuk berinvestasi.”

Sumber : astaga.com

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang Pelangi ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...