Kamis, 04 Juni 2009

Bertahan Di Saat krisis

MENCOBA memulai usaha sendiri bukan lah hal yang mudah jika Anda memulainya sendirian, berbekal sedikit modal, pengetahuan, dan tekad. Namun, seperti banyak hal di dunia ini, permasalahan pun bisa menimpa kapan saja. Tak hanya karena permasalahan di dalam perusahaan, tapi juga krisis yang hadir dari luar, bahkan krisis global yang mendera semua pihak. Ingin tahu bagaimana cara untuk bertahan?

1. Cepat membuat keputusan berat
Anda harus bersikap jujur dengan diri sendiri, lalu cari tahu kekuatan perusahaan Anda. Terkadang tak bisa dihindari bahwa mem-PHK karyawan diperlukan untuk menyelamatkan perusahaan. Hal ini akan sangat sulit, apalagi jika Anda memang benar-benar sudah merasa cocok dengan perusahaan tempat Anda bekerja. Namun, apa daya, jika itu adalah langkah rasional yang terbaik untuk perusahaan, lakukan lah secepatnya.

2. Temukan cara untuk mengurangi harga produk Anda
Di masa seperti krisis global, semua orang nampaknya cenderung mencari produk-produk murah. Jangan biarkan pelanggan setia Anda pergi ke kompetitor hanya karena produk mereka lebih murah, bahkan dengan kualitas yang tak bagus. Salah cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mendekati para vendor, tanyakan apakah mereka bisa menurunkan harga bahan baku, supaya Anda bisa menekan harga jual produk Anda.

3. Ciptakan hubungan yang erat dengan vendor dan pelanggan
Jika Anda memiliki hubungan yang kuat dengan para vendor, mereka akan lebih mudah untuk bekerjasama dan melonggarkan harga. Jika hubungan Anda dibangun di atas kepercayaan dan hormat, tak mustahil para vendor akan mau bekerja dan memberikan yang terbaik kepada Anda, bahkan di masa sulit sekalipun.

4. Fleksibilitas
Jika Anda adalah pemilik usaha kecil, usahakan untuk tidak mencoba berhutang. Hindari mencoba kredit rumah atau kredit barang-barang yang mahal dalam waktu lama. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari masa-masa yang tak menentu di depan.

5. Keuangan yang efisien
Setiap kali Anda akan menentukan keputusan yang menyangkut perusahaan, selalu tanyakan diri Anda, “Apakah hal ini harus dilakukan?” Apakah penting untuk menyewa kantor yang lebih besar, atau cukup dengan mengorganisir ulang barang-barang saja sudah cukup? Sangat menakjubkan betapa kreatifnya Anda ketika sedang kekurangan uang.

Sumber : kompas.com

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang Pelangi ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...