Minggu, 17 Mei 2009

Tips Belanja Secara Bijak

BERBELANJA kini menjadi kegiatan yang menyenangkan dan merupakan ajang kebersamaan keluarga. Namun, Anda juga harus bijaksana agar keuangan keluarga tetap terjaga. Berikut adalah sejumlah tips yang dapat Anda manfaatkan agar lebih bijaksana dalam berbelanja.

1. Belilah apa yang dibutuhkan, bukan apa yang diinginkan.
Kalau bicara keinginan, akan banyak sekali. Dan, kalau selalu dituruti, bisa-bisa keuangan keluarga “terancam”. Tidak salah untuk memiliki keinginan, namun pastikan tidak berlebihan dan masih terkontrol. Anda dapat membuat daftar keinginan (wish list) dan menentukan target (waktu dan pencapaian dana) yang memungkinkan dan sebijaksana mungkin untuk mendapatkannya.

2. Selalu bekali diri dengan daftar belanjaan.
Banyak orang berangkat ke pusat perbelanjaan dengan pikiran, “Lihat saja nanti.” Kerap kali setelah tiba di rumah mereka menyesal, karena mungkin ada kelupaan atau malah menghabiskan terlalu banyak dana untuk barang yang sebenarnya tidak terlalu mendesak. Nah, daftar belanjaan dapat membantu Anda mengurangi penyesalan seperti itu.

3. Gunakan kartu kredit dengan bijaksana dan seoptimal mungkin.
Kartu kredit dapat membantu Anda mengelola keuangan, karena Anda dapat berbelanja sekarang dan membayarnya kemudian. Apalagi, tidak jarang kartu kredit menawarkan program promo dan diskon yang menarik. Manfaatkan sebijaksana mungkin sesuai kebutuhan. Namun, berhati-hati dengan tidak beranggapan bahwa dana yang terdapat pada kartu kredit sebagai “dana lebih” – karena pada akhirnya Anda juga harus membayar tagihannya.

4. Manfaatkan program promo dan diskon yang diberikan pusat perbelanjaan secara optimal.
Anda dapat menemukan banyak sekali penawaran menarik, baik yang diinformasikan di media massa atau melalui selebaran di pintu-pintu masuk pusat perbelanjaan. Jika Anda cerdik, Anda dapat menghemat atau memperoleh hasil maksimal dengan dana yang Anda miliki.

5. Makanlah terlebih dahulu sebelum berbelanja.
Ini serius, karena berbelanja saat sedang lapar membuat segala sesuatunya tampak lebih menarik. Dan, akhirnya, Anda mengacaukan anggaran belanja yang sudah direncanakan.

Sumber : Kompas

Artikel Terkait



1 komentar:

  1. hi artikelmu udah ada di sini

    Ayo gabung bersama kami.. ^_^

    BalasHapus

Untuk Para Sahabat Aku Sang Pelangi ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...