Kamis, 07 Mei 2009

Tidur Dapat Melangsingkan Tubuh

ADA beberapa penelitian yang mengatakan bahwa kaum perempuan yang sulit memejamkan mata di malam hari akan memiliki resiko menjadi lebih gemuk atau bahkan obesitas.

Pada studi yang dilakukan pada perempuan paruh baya yang hanya tidur selama 5 jam atau kurang setiap malamnya, 35% dinyatakan lebih mudah naik berat badan (sekitar 15 kg) dan 15% berubah jadi obesitas selang waktu 16 tahun daripada dengan perempuan yang tidur 7 jam tiap malam. Peningkat kenaikan berat badan sebesar ini, 15 kg dinyatakan lebih rawan terkena diabetes atau sakit jantung.

Sedangkan perempuan yang tidur 6 jam tiap malamnya, 12% memiliki kemungkinan mengalami kenaikan berat badan dan 6% hingga mengalami obesitas. Perempuan yang mengaku hanya memiliki jam tidur 5 jam atau kurang tiap malamnya, rata-rata mulai bertambah berat badan kurang lebih 2 kg daripada dengan yang tidur cukup, hingga 7 jam setiap malamnya.

Setelah menghitung pengaruh usia dan kenaikan berat badan di awal penelitian, para perempuan yang tidur 5 jam atau kurang pada masing-masing malam, bertambah berat badan hingga 1/2 kg atau lebih. Para perempuan yang bisa terlelap selama 6 jam tiap malamnya, bertambah berat badan hingga kurang lebih 1 kg, jika dibanding dengan yang tidur cukup.

Ternyata diyakini bahwa orang yang tidur nyenyak lebih dari waktu mereka terjaga maka akan membantu mereka mengkonsumsikan lebih banyak kalori. Hormon-hormon cenderung tersentil sebagai akibat berapa banyak waktu yang anda gunakan untuk tidur. Hal ini juga tergantung berapa banyak kalori yang anda bakar setiap harinya.

Jika anda ingin tetap langsing maka anda harus fokus pada tiga faktir yaitu tidur cukup, mengkonsumsi nutrisi dengan benar dan aktivitas fisik. Kombinasikan latihan yang bagus, pola makan dengan makanan terbaik dan tidur teratur.

Kekurangan tidur memungkinkan kenaikan berat badan tapi itu bisa terjadi karena mereka merasa lebih lelah dan kurang melakukan latihan olahraga. Atau kemungkinan lain adalah kekurangan tidur bisa disebabkan perubahan rata-rata basal metabolisme. Jadi jika anda ingin langsing, sebaiknya tidurlah yang cukup agar tubuh anda tidak terasa lelah. Selamat mencoba

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang Pelangi ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...