Selasa, 19 Mei 2009

Membaca Makna Tangis Bayi

SEPINTAS tangis bayi kelihatan sama. Namun ada berbagai kemungkinan yang hendak disampaikan sang bayi lewat tangisnya. Antara lain, kesal, capek, lapar atau kesakitan. Masing-masing ada cirinya. Menurut ahli, ada tanda-tanda tertentu yang bisa kita baca dari bayi saat ia menangis. Tanda-tanda itu bisa Anda lihat berikut ini.

KENING Bila bayi mengerutkan dahinya, sehingga muncul garis-garis kerut vertikal di keningnya atau di seputar matanya, kata para ahli, merupakan pertanda ia sedang merasa sakit atau kesakitan. Apabila rasa sakitnya parah, kerutan di dahinya pun tampak lebih dalam dan kulitnya tampak keabu-abuan.

MATA Bila bayi kesakitan atau sakit, mata bayi kemungkinan akan tertutup sebagian saja. Biasanya di sekitar mata pun tampak banyak kerutan. Ini juga tergantung pada kadar sakitnya. Apabila sakitnya luar biasa, matanya akan tertutup rapat kendati ia tidak sedang tidur. Maksudnya adalah untuk menghalangi dunia di luar dirinya. Upayanya menutup mata membuat kelopak matanya berkedip-kedip.

MULUT Garis kerutan yang tajam disekitar mulut, dibarengi dengan bibir yang terkatup rapat, adalah pertanda rasa sakit. Apabila sakitnya luar biasa, maka mulutnya akan terbuka secara tidak wajar.

TANGAN DAN KAKI Saat merasa tak nyaman, bayi akan mengendurkan anggota badannya kemudian mengencangkannya. Namun bila terasa lebih menyakitkan, lengan dan kakinya akan tampak lebih kaku. Bayi juga akan menarik kedua lututnya ke arah tubuh. Bila rasa sakitnya parah, tubuhnya pun akan tampak tegang, lutut lurus dan kedua lengannya didekatkan pada tubuh, namun kaku.

JARI TANGAN Tangan bayi akan menutup atau mengepal dengan kuat bila ia merasa tidak nyaman. Namun bila rasa sakitnya lebih parah, dengan serta merta jari jemarinya akan terbuka lebar-lebar dengan kaku. Bila sakitnya luar biasa, jari jemari tangannya akan mengepal dengan jempol di dalam.

JARI KAKI Bila sedikit sakit, bayi akan menekuk jari-jari kakinya dengan kencang. Namun bila sakitnya lebih parah, kakinya akan kaku dan mengarah ke bawah. Apabila sakitnya luar biasa, jempolnya akan tertarik keluar menjauh dari jari lainnya.

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang Pelangi ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...