Minggu, 26 April 2009

Gaya Para Pencari Kerja saat Wawancara

JIKA tengah mencari pekerjaan, sangat penting untuk memperhatikan penampilan. Suka atau tidak, fakta berbicara, orang menilai Anda dari penampilan Anda.

1. Gaya santai
Anda akan mengikuti wawancara di suatu perusahaan berteknologi tinggi dan sedang berkembang. Anda muncul dengan celana jins dan sepatu olah raga.

Gaya Anda bisa diartikan: “Saya seorang yang malas dan tidak terlalu berminat dengan posisi yang ditawarkan.”

Sebaiknya, berpakaianlah yang pantas dan rapi jika akan menjalani wawancara.


2. Gaya tak peduli
Setiap hari Anda selalu mengenakan pakaian yang tidak diseterika rapi dan tidak peduli pada penampilan.

Gaya Anda bisa diartikan: “Saya adalah orang yang berantakan. Bila penampilan saya seperti ini, bagaimana saya dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan rapi dan teratur?”

Baik klien, atasan, maupun rekan sekerja tidak akan yakin Anda mampu melaksanakan tugas dengan baik jika penampilan Anda jauh dari profesional.

3. Gaya hura-hura
Anda mengenakan pakaian yang biasa dipakai untuk clubbing karena Anda berencana akan bertemu dengan teman-teman sesudah jam kerja.

Gaya Anda bisa diartikan: “Gaya berpakaian saya provokatif. Gaya ini merupakan kompensasi terhadap kemampuan profesional saya.”

Bila ingin menjadi orang yang berhasil, berpakaianlah yang pantas, serius, serta profesional.

4. Gaya eksklusif
Menurut Anda, tidak berbahaya bergaya eksklusif di tempat kerja (bayangkan ke kantor dengan rambut yang dicat pink!).

Gaya Anda memperlihatkan: “Saya mengejek perusahaan dan tidak bersikap serius.”
Posisi Anda dapat terancam dan mungkin tidak berkembang jika potongan rambut Anda “nyleneh.”
5. Gaya kuno
Model pakaian Anda sudah ketinggalan zaman.
Gaya Anda memperlihatkan: “Saya sudah tidak menarik lagi. Saya lebih senang menyendiri dan tinggal menunggu pensiun.”
Meski jenuh dengan situasi kerja, menjaga penampilan merupakan suatu keharusan.
Bila Anda melihat diri Anda pada situasi seperti ini, segera lakukan perubahan. Bila Anda sedang mencari pekerjaan, penting bagi Anda untuk mengetahui budaya perusahaan di mana Anda diterima sebagai pegawai. Tapi, tetaplah jadi diri Anda sendiri untuk menentukan gaya yang paling tepat untuk Anda.
Sumber : tabloidnova.com

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang Pelangi ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...