Minggu, 19 April 2009

Berendam Air Panas Menurangi Produksi Sperma

RISET terbaru menyarankan bahwa sebaiknya kaum pria mengurangi frekuensi berendam di air hangat jika ingin meningkatkan kesuburan. Hal ini disebabkan karena menurut para ahli dari AS, berendam air hangat bisa mengurangi produksi sperma.

Seperti yang ditulis pada Journal of the Brazilian Society of Urology, bahwa telah dilakukan penelitian selama tiga tahun terhadap 11 pria yang memiliki masalah kesuburan. Setelah mereka menghentikan kebiasaan berendam di air hangat selama beberapa bulan, jumlah sperma mereka meningkat lebih dari 400 persen.


Penelitian ini sekaligus membenarkan adanya mitos lama yang mengatakan bahwa air panas mengurangi kesuburan. Adapun pria yang menjadi responden penelitian ini adalah mereka yang berobat ke klinik kesuburan serta memiliki kebiasaan berendam air hangat di hot tubs atau jacuzzis selama 30 menit setiap minggunya.

Setelah tiga bulan berhenti dari kebiasaan tersebut, kurang dari setengah responden menunjukkan peningkatan jumlah sperma sebanyak lima kali lipat. Sedangkan mereka yang mengurangi frekuensi berendam kemampuan berenang spermanya meningkat 12-34 persen. Sementara itu 5 dari 6 responden yang tidak menunjukkan perubahan apapun ternyata adalah perokok berat.

Sementara itu, penelitian lain juga menunjukkan penyebab berkurangnya kesuburan pria, antara lain panas yang dihasilkan oleh laptop, serta terlalu sering mengenakan pakaian dalam ketat. Seperti diketahui, sperma membutuhkan lingkungan yang sejuk, itu sebabnya testikel berada di luar tubuh pria yakni di dalam scrotum (buah zakar).

Sumber : CBN

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang Pelangi ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...