Senin, 27 April 2009

Bagaimana Mencintai Diri Sendiri

INI bukan narcisisme. Tapi, sebagai pribadi yang membutuhkan ketenangan, sudah pasti kita mestinya tahu bagaimana menghargai diri sendiri. Untuk itu, ada seninya. Setelah membaca ini, semoga Anda bisa lebih menghargai dan mencintai diri Anda sendiri. Sebab, kalau tidak, siapa lagi?

Jangan terlalu keras mengkritik diri sendiri
Jarang-jarang kritik itu mengubah sesuatu, yang ada malah bikin sakit hati. Karena itu, tolaklah setiap kritik Anda pada diri sendiri. Cobalah terima diri Anda sebagaimana adanya.


Jangan menakut-nakuti diri sendiri
Stoplah kegiatan menteror diri sendiri dengan pikiran yang serem-serem. Ini cara menyedihkan untuk hidup. Temukan citra mental yang membuat Anda merasa senang, dan membuat Anda lebih 'hidup'.

Lembut, baik, dan sabar
Bersikap lembut dan baiklah pada diri sendiri. Jangan tidak sabaran pada kemampuan Anda. Perlakukan diri Anda seperti Anda memperlakukan orang yang paling Anda cintai.

Berpikir positif
Membenci diri sendiri, merendahkan, dan menghinanya, adalah perbuatan merusak yang tak ada gunanya. Jangan jahat pada diri Anda. Sebaliknya, berpikirlah yang manis-manis.

Banggakan diri Anda
Siapa yang akan membuat hati Anda terhibur bila bukan berasal dari lubuk hati yang terdalam? Karena itu, bila kritik bisa meredam spirit, maka kebanggaan akan meningkatkannya. Banggakan diri Anda sejauh yang Anda bisa. Limitnya, tentu saja kemampuan Anda.

Dukung diri Anda
Cari jalan untuk mendukung diri Anda sendiri. Kenali teman-teman dan sahabat yang bakal bisa melakukannya untuk Anda. Kuatkan diri untuk minta bantuan mereka.

Sayangi keburukan Anda
Ada sisi manusia yang kelam. Jangan membencinya, melainkan, jadikan itu sebagai pengetahuan tentang diri Anda sendiri. Setelah menemukan yang negatif-negatif ini, carilah akal untuk membuatnya jadi positif. Perlakuan sayang, akan membantu Anda membebaskan aspek-aspek negatif diri Anda.

Rawat tubuh Anda
Pelajari nutrisi. Apa 'bensin' yang tepat untuk kebutuhan 'mesin' tubuh Anda supaya lebih berenergi dan penuh vitalitas? Cobalah berolahraga, dan pilih kegiatan yang Anda sukai.

Bercermin
Tataplah mata Anda. Apa yang Anda lihat? Mengekspresikan 'sense of love'? Anda menyukai tatapan itu atau tidak? Cobalah terus melakukannya sampai suatu hari Anda bisa bilang, "Aku cinta padamu" pada bayangan di cermin itu.

Cintai diri Anda, sekarang juga!
Jangan tunggu sampai Anda merasa lebih baik, atau berat badan berkurang, atau memperoleh pekerjaan baru, atau apa pun yang kelihatannya lebih menjanjikan. Mendingan cintai diri Anda sekarang, dan lakukan yang terbaik untuk Anda sendiri (hannie k. wardhanie)

Sumber : astaga.com

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang Pelangi ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...