Jumat, 27 Februari 2009

Manfaat dan Khasiat Sirsak

SIRSAK atau durian belanda (Annona muricata L.) adalah tumbuhan berguna yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Di berbagai daerah Indonesia dikenal sebagai nangka sebrang, nangka landa (Jawa), nangka walanda, sirsak (Sunda), nangka buris (Madura), srikaya jawa (Bali), deureuyan belanda (Aceh), durio ulondro (Nias), durian betawi (Minangkabau), serta jambu landa (Lampung). Penyebutan "belanda" dan variasinya menunjukkan bahwa sirsak (dari bahasa Belanda, zuurzak) didatangkan oleh pemerintah kolonial Belanda ke Nusantara, yaitu pada abad ke-19.


Tanaman ini ditanam secara komersial untuk diambil daging buahnya. Tumbuhan ini dapat tumbuh disembarang tempat, paling banyak ditanam di daerah yang cukup berair. Nama sirsak sendiei berasal dari bahasa Belanda Zuurzak yang berarti kantung yang asam.
Tanaman ini ditanam secara komersial atau sambilan untuk diambil buahnya. Pohon sirsak bisa mencapai tinggi m9 meter. Di Indonesia sirsak dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 1000 m dia atas permukaan laut.

Buah sirsak bukan buah sejati, yang ukurannya cukup besar hingga 20-30cm dengan berat mencapai 2,5 kg. Yang dinamakan "buah" sebenarnya adalah kumpulan buah-buah (buah agregat) dengan biji tunggal yang saling berhimpitan dan 'kehilangan' batas antar buah. Daging buah sirsak berwarna putih dan memiliki biji berwarna hitam. Buah ini sering digunakan untuk bahan baku jus minuman serta es krim. Buah sirsak mengandung banyak karbohidrat, terutama fruktosa. Kandungan gizi lainnya adalah vitamin C, vitamin B1 dan vitamin B2 yang cukup banyak. Bijinya beracun, dan dapat digunakan sebagai insektisida alami, seperti juga biji srikaya.

Sisi lain buah sirsak
Sirsak, siapa yang tak kenal buah ini. Kadang disebut juga nangka sabrang, nangka londo, Nangka buris, dan di Bali, lebih dikenali sebagai srikaya Jawa. Daging buahnya yang putih sangat segar, karena manis dan asem berpadu. Dibuat jus dan diminum tengah hari, ampun! nikmat sekali.

Tapi, selain lezat, buah ini juga kaya kandungan obat. Tercatat ambeien, kandung kemih, menceret, dan bisul dapat disembuhkan. Hebat, dapat lejatnya, dapat obatnya.

Khasiat dan manfaat untuk pengobatan
Ambeien. Buah sirsak yang sudah masak. Peras untuk diambil airnya sebanyak 1 gelas, diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.

Sakit Kandung Air Seni. Buah sirsak setengah masak, gula dan garam secukupnya. Semua bahan tersebut dimasak dibuat kolak. Dimakan biasa, dan dilakukan secara rutin setiap hari selama 1 minggu berturut-turut.

Bayi Mencret. Buah-sirsak yang sudah masak. Buah sirsak diperas dan disaring untuk diambil airnya, diminumkan pada bayi yang mencret sebanyak 2-3 sendok makan.
Anyang-anyangen. Sirsak setengah masak dan gula pasir secukupnya. Sirsak dikupas dan direbus dengan gula bersama-sama dengan air sebanyak 2 gelas, disaring dan diminum.

Sakit Pinggang. 20 lembar daun sirsak, direbus dengan 5 gelas air sampai mendidih hingga tinggal3 gelas, diminum 1 kali sehari 3/4 gelas.
Bisul. Daun sirsak yang masih muda secukupnya, ditumbuk halus dan ditambah 1/2 sendok air, diaduk sampai merata, ditempelkan pada bagian bisul.

Sumber :
id.wikipedia.org
suaramerdeka.com
Berbagai sumber tulisan lainnya.

“Perjalanan seribu batu bermula dari satu langkah”.- Lao Tze

Artikel Terkait



3 komentar:

  1. mat kenal ya nih,...saya pemula banget,artikelnya sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan.Terima kasih

    BalasHapus
  2. http://akusangpelangi.blogspot.com08 April, 2010 15:47

    @ Pak Asmanu ; thx untuk kunjungan dan commentnya. sukses selalu buat Anda

    BalasHapus
  3. Saya merupakan seorang penderita tumor jinak di rahim. melalui USG tumor jinak itu berukuran 5 cm. kemudian disarankan untuk minum rebusan daun sirsak sehari 2 gelas selama sebulan. setelah sebulan saya melakukan USG, hasilnya tumor jinak itu mengecil bahkan nyaris tidak terlihat.

    BalasHapus

Untuk Para Sahabat Aku Sang Pelangi ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...